Selasa, 27 Oktober 2009

manajemen museum

Manajemen museum terdiri dari beberapa unsur.Manajemen adalah salah satu penentu dari keberhasilan sebuah museum.Karena bisa di bilang sebuah manajemen adalah tonggak dari museum yang akan didirikan.
Di museum dirgantara mandala sendiri ada beberapa manajemen antara lain :

Manajemen operasional

museunm dirgantara mandala tni au beroperasi mulai dari hari minggu sampai dengan kamis pukul 08.00 hingga 13.00 sedangkan untuk hari jumat dan hari sabtu beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 untuk hari senin dan hari libur nasional sendiri museum ini tutup.

sejauh ini manajemen museum dirgantara mandala sudah berjalan baik.Petugas yang melayani pengunjung cukup ramah dalam melayani pengunjung.bahkan dalam hal ini mereka telah menyediakan guide untuk menuntun para pengunjung dalam menyusuri ruang-ruang koleksi yang terdapat dalam museum ini.

dalam upaya merawat koleksipun para pengurus museum tidak ketinggalan.Karena semua koleksi museum ini selalu dibersihkan setiap harinya oleh para penjaga museum.Dan re koleksi benda-benda sejarah yang berhubungan dengan museum dirgantara mandala pun sudah mulai dilakukan.




manajemen pemasaran

dalam melakukan publikasi tentang eksistensi museum sebenarnya sudah lumayan bagus tetapi publikasi masih terbatas dalam lingkungan kerja para militer.Karena publikasi yang gencar dilakukan adalah di sebuah majalah yang di terbitkan oleh tni au.

tetapi selain itu museum ini sudah mengikuti berbagai festival dan mengikuti pameran bersama BARASMUS.

Hal yang sangat menarik adalah museum ini sudah memiliki buku panduan tentang koleksi,denah tata ruang,dan berbagai informmasi umum lainnya yang membantu pengunjung dalam memahami museum ini.Walaupun setiap bukunya harus dihargai dengan harga 5000 rupiah tetapi ini sangat memanjakan pengunjung karena tidak perlu repot repot mengumpulkan informasi secara manual.Terutama ditujukan untuk para pelajar yang sedang study tour.sedangkan untuk brosur bisa diambil secara gratis.




manajemen sumber daya manusia

dalam hal manajemen sumber daya manusia museum ini memang agak kurang baik.terutama dengan sangat terbatasnya para pegawaiu museum untuk ukuran museum sebesar itu.para pegawai agaknya mengalami kesulitan ketika pengunjung museum memebludak.tetapi kalau untuk hari-hari normal museum ini dapat membagi tugas dengan cukup apik.Hanya saja kiranya perlu penambahan tenaga dalam pengoperasian museum ini.Dan juga ada pelatihan untuk para pegawai agar dapat mengembangkan museum lebih baik lagi ke depannya

about museum

About Museum
What Is A Museum?

* “A museum is a non-profit making, permanent institution, in the services of society and of its development, and open to the public, which acquires, conserves, researches, communicates and exhibits for the purposes of study, education and enjoyment, material evidence of man and his environment.” - International Council of Museums (ICOM)

* "A nation gains in a variety of ways from the efficient preservation of objects in museums... The collections are the heart of a museum. A museum cannot live without scholarship… any museum worth the name is engaged in the difficult search for new knowledge... without scholarship to guide every stage from collecting to indexing, the museum collections could not have served as the foundations for the enormous platform of knowledge they now support. As places of education museums have unusual advantages…they are capable of instructing and entertaining people from every educational group and age group in the same gallery Secondly their collections of objects stimulate a sense of wonder and instil an understanding which makes the same message (communicated by other means) seem remote and second hand (and) a museum can often dispense with those layers of interpretation which separate an object or evidence from the audience." - Australian Committee of Inquiry on Museums and National Collections, 1975

* “A museum is an institution for the preservation of those objects which best illustrate the phenomena of nature and the works of man and the utilization of them for the increase of knowledge and for the culture and enlightenment of the people.”

* “A finished museum is a dead museum and a dead museum is a useless resource.” - George Brown Goode, Principles of Museum Administration (quoted by R. Etheridge, 1910)

* “Museums collect, preserve, study and inform.” Derek Griffin, Queensland Museum, 2002. Museum Magnet Schools, Queensland Museum.


A museum is defined according to the International Council of Museums as: “a nonprofit making permanent institution in the service ofsociety and its development, open to the public, which acquires, conserves, researches, communicates and exhibits for purposes of study,education and enjoyment material evidence of people and their environment”.

Museums represent our heritage and are buildings of great importance. Retrofitting, conversion and extension of existing buildings into museums is an obvious solution to the increased functional requirements of museums as well as a solution for the maintenance of historic buildings.


[FR]

Une Petite Histoire Des Musées

Roland SCHAER, L’invention des musées, Découvertes Gallimard, 144 p.

Définition : Musée = du grec « museion », bois sacré consacré à Apollon.

Sens premier = une collection (XVe-XVIIIe siècle), puis le mot prend son sens actuel à partir du milieu du XVIIIe siècle : « Établissement ouvert au public où sont conservés, répertoriés, classés des objets, des documents, des collections d'intérêt artistique, scientifique ou technique, dans un but socioculturel, scientifique et pédagogique. »

Muséologie : science des collections, réflexion sur l’objet, discours qui étudie les musées.
Muséographie : modalités de la mise en scène des collections.

Les collections de ce type existe depuis l’empire néo-babylonien, mais elles ne sont alors pas exposées dans un lieu spécifique. César expose sa collection de portraits au Capitole. Au Moyen-Âge, les collections se trouvent dans des monastères. Le premier musée au sens moderne du terme date du XVe siècle : c’est le musée des Offices à Florence (architecte :Vasari), qui est ouvert au public. En France, c’est François Ier qui jette les bases de la collection royale, après avoir raflé quelques oeuvres en Italie lors des campagnes qu’il mène dans ce pays. À partir du XVIIe siècle, une véritable « collectionnite » s’empare de toute l’Europe : de nombreux cabinets de curiosité sont créés alors (collections privées, destinées à une seule clientèle privée d’aristocrates). L’idée d’ « espace public » fait alors son chemin :un État s’affirme, qui prend le relais des princes pour mettre en place ces collections. Au cours du XIXe siècle, l’idée de classification progresse également (Buffon, Linné : passage de de la classification dans les sciences aux sciences historiques).

L’ « espace public » est une notion très utilisée en sciences humaines et sociales depuis la thèse de Jürgen Habermas intitulée L’espace public : archéologie de la publicité comme dimension constitutive de la société bourgeoise (1963). Dans cet ouvrage, Habermas décrit « le processus au cours duquel le public constitué d’individus faisant usage de leur raison s’approprie la sphère publique contrôlée par l’autorité et la transforme en une sphère où la critique s’exerce contre le pouvoir de l’État. » Le processus en question est à dater au XVIIIe siècle en Angleterre (quelque trente années plus tard en France), siècle de développement de l’urbanisation et de l’émergence de la notion d’espace privé dans la bourgeoisie des villes. Habermas montre comment les réunions de salon et les cafés ont contribué àl a multiplication des discussions et des débats politiques, lesquels jouissent d’une publicité par l'intermédiaire des médias de l'époque (relations épistolaires, presse naissante)

En 1793, un décret de la Convention crée le musée du Louvre (musée central des arts), autourde la notion de « patrimoine » à disposition de la Nation (premier conservateur : DominiqueVivant Denon). À compter de 1795, les restes de monuments vandalisés par les révolutionssont réunis dans le musée de la sculpture antique et moderne. Enfin, en 1799, le musée desarts et métiers (musée des techniques) est créé.

Le XIXe siècle, siècle de l’histoire, est également celui des musées. On assiste à leur extension quantitative : des musées nombreux se créent en province (on en compte 15 dès1801, recevant des dépôts d’oeuvres du musée du Louvre) ; et qualitative (différents types demusées se créent alors : musées d’art, musées de sciences naturelles – muséum du Jardin desPlantes, zoos comme à Vincennes ou au bois de Boulogne, musée d’histoire à la suite desrecherches de Champollion). Dans le premier tiers du XIXe siècle dans la veine des historiensromantiques, avec leur intérêt marqué pour le Moyen Âge, se crée le musée de Cluny.

Enfin, le nationalisme du temps se manifeste dans la création d’un Musée des Antiquitésnationales (à Saint Germain en Laye) en 1862.

Au XXe siècle, on distingue deux grands moments :
- Dans le sillage de Georges Henri Rivière (1897-1985), et autour de l’ethnologue GermaineTillion, élève de Marcel Mauss, célèbre pour différentes raisons : ses enquêtes sur la Kabylie (sur les systèmes de parenté, auteur de Le harem et les cousins), ses implications dans la Résistance (déportée à Ravensbrück, elle y a écrit un opéra) au sein du premier réseau du Musée de l’Homme, et son rôle lors de la guerre d’indépendance d’Algérie (lors de la Bataille d’Alger en 1957, elle négocie avec les chefs du FLN pour obtenir un échange de prisonniers).

Le musée des arts et traditions populaires est créé alors (1937), dont la muséographie est pionnière (reconstitution à l’identique d’espace intimes, comme une cuisine paysanne en Aubrac). La notion d’« écomusée » est inventée alors.
- On assiste aussi au mouvement de « décolonisation muséale », qui passe par la mise en avant de l’anthropologie. Le musée de Mexico (créé en 1964) sur les cultures préhistoriques d’Amérique latine (Aztèques, Mayas). Le musée de la civilisation du Québec (1988) qui permet l’affirmation de l’identité québécoise. La première exposition temporaire qui s’y tient s’intitule « Mémoires ».
Importance du multiculturalisme. De la société globale à l’histoire globale.
Écomusées (1971) : de la communauté urbaine du musée de Monceau les Mines (dans une région en crise, reconversion de friches de la première industrialisation : c’est la « beauté du mort » dont parle Michel de Certeau).

LES RÉSERVES DES MUSÉES : CAVERNES D'ALI BABA OU BRIC-À-BRAC ?

Objet de nombreux phantasmes, la richesse supposée des réserves des musées a longtemps entretenu le mythe de trésors inestimables jalousement gardés par des conservateurs peu désireux de les présenter au public.

La situation est fort différente, et cela à maints égards.

Au terme des travaux conduits par la mission, force est de constater que la réalité des réserves des musées de France pose moins la question de leur richesse que celle de leur état.
On pourrait, en effet, être tenté de demander aux conservateurs : montrez-nous vos réserves et nous vous dirons quelle est la santé de vos musées !
Loin d'être un enjeu mineur pour la gestion des collections publiques, l'état des réserves apparaît comme un sujet central alors que s'affirme une nouvelle dimension de l'institution muséographique.

LES RÉSERVES : UN ASPECT ESSENTIEL DE LA GESTION DES COLLECTIONS

L'évolution qu'ont connue les musées depuis les années 1970 a conféré aux réserves un rôle nouveau dont l'importance, si elle est à l'évidence perçue par les conservateurs, n'a été que peu -et tardivement- prise en compte par la direction des musées de France.

Un rôle nouveau...

L'ordonnance du 13 juillet 1945 portant organisation provisoire des musées des Beaux-Arts1(*) définissait dans son article 2 le musée comme « toute collection permanente et ouverte au public d'oeuvres présentant un intérêt artistique, historique ou archéologique ».

Le mouvement de rénovation qui a affecté les musées depuis près de trente ans mais également l'ouverture au public de nouvelles institutions ont eu notamment pour effet de modifier durablement la conception même de collection muséographique. Cette évolution s'est traduite dans les débats du Conseil international des musées (ICOM), organisme relevant de l'UNESCO, qui a défini en 1974 le musée comme « une institution permanente, sans but lucratif, au service de la société et de son développement, ouverte au public et qui fait des recherches concernant les témoins matériels de l'homme et de son environnement, acquiert ceux-là, les conserve, les communique et les expose à des fins d'étude, d'éducation et de délectation. »

Le musée ne se borne plus à être le lieu où est présentée une collection mais affiche une triple vocation, à la fois scientifique, pédagogique et esthétique, qui exige l'existence d'un projet muséographique.

Le temps où le musée se présentait comme une accumulation d'objets dans une ambiance de grenier et où la différence entre les salles d'exposition et les réserves était assez mince est aujourd'hui révolu. Les institutions favorisent désormais des présentations qui s'organisent autour d'un discours construit à partir d'objets soigneusement sélectionnés pour en être la traduction.

Si cette conception du musée s'illustre avec éclat dans les musées de sociétés ou de sciences, elle s'applique également au domaine des Beaux-Arts pour lequel le souci d'exhaustivité conjugué à la vocation pédagogique clairement affirmée des nouvelles institutions a conduit à redonner leur place à des oeuvres ou à des genres un temps condamnés par l'évolution du goût.

Senin, 26 Oktober 2009

analisa swot untuk museum dirgantara mandala

*strengness(kelebihan)
museum dirgantara mandala adalah museum sejarah terbesar tentang penerbangan di indonesia.Hal ini membuat fokus dalam hal sejarah penerbanagan akan jatuh langsung kepada museum ini.selain itu museum dengan koleksi yang banyak dan terawat ini juga tidak memungut uang yang terlalu mahal untuk sekali kunjungan.lokasi museum yang asri dan sejuk serta kecakapan petugas museum dalamm memandu pengunjung pun tak dapat diragukan lagi.


*weakness(kelemahan)

kelemahan dari museum ini hampir sama dengan kelemahan pada museum umumnya.yang sangat terasa yaitu adalah kelemahan dalam bidang:
-kurangnya pendanaan untuk museum yang mengakibatkan pihak museum harus menarik uang kebersihan sebesar 3000 rupiah per orang untuk mengunjungi museum ini.
-letak museum
dalam hal letak atau lokasi sebenarnya museum ini dapat ditempuh dengan mudah dikarenakan adanya akses trans yogya yang beroperasi dengan tiket murah dan nyaman
tetapi karena berada dalam kompleks sebuah kemiliteran yang agak tersembunyi maka banyak orang yang tidak tahu dengan keberadaan museum ini.


*Opportunity(peluang)
sebenarnya banyak sekali peluang yang bisa diharapkan atau dikelola dari museum dirgantara mandala ini antara lain:
-koleksi yang lengkap merupakan peluang untuk menarik pengunjung
-banyaknya anak-anak sekolah yang tertarik dengan keberadaan museum ini karena sejarah dan koleksinya
-adanya perawatan dari koleksi yang baik dari pihak manajemen museum

*thread(ancaman)

pendanaan museum yang sangat terbatas dalam hal ini merupakan ancaman besar untuk kelangsungan museum ini karena dapat menghambat pihak museum untuk mengembangkan diri baik dalam perawatan kleksi ataupun untuk pendanaan manajerial dan publishing.Hal ini akan mempengaruhi eksistensi museum untuk masa yang akan datang.

analisa swot


Analisis SWOT
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas



Analisis SWOT (singkatan bahasa Inggris dari "kekuatan"/strengths, "kelemahan"/weaknesses, "kesempatan"/opportunities, dan "ancaman"/threats) adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.




SWOT
Un article de Wikipédia, l'encyclopédie libre.
Aller à : Navigation, rechercher
Matrice SWOT Utile

pour atteindre l'objectif
Néfaste

pour atteindre l'objectif
Interne

(attributs du DAS)
Forces Faiblesses
Externe

(attributs de l'environnement)
Opportunités Menaces

L’analyse SWOT ou matrice SWOT, de l'anglais Strengths (forces), Weaknesses (faiblesses), Opportunities (opportunités), Threats (menaces), est un outil de stratégie d'entreprise permettant de déterminer les options stratégiques envisageables au niveau d'un domaine d'activité stratégique (DAS ou SBU).
matrice SWOT, avec mots anglais et traduction
Exemple de représentation graphique "en paysage 3D) de l'analyse SWOT d'un projet

Les expressions équivalentes en langue française sont « Menaces Opportunités Forces Faiblesses » ou « Atouts, Faiblesses, Opportunités, Menaces » ; on utilise d'ailleurs parfois le terme analyse MOFF ou analyse AFOM.

Ce modèle a été développé dans les années 1960 par Learned, Christensen, Andrews et Guth, quatre professeurs de la Harvard Business School, ce qui fait qu'on l'appelle également parfois « modèle de Harvard » ou « modèle LCAG ».
Sommaire
[masquer]




Conduire une analyse SWOT consiste à effectuer deux diagnostics :

1. un diagnostic externe, qui identifie les opportunités et les menaces présentes dans l'environnement. Celles ci peuvent être déterminées à l'aide d'une série de modèles d'analyse stratégique, tels que le modèle PESTEL, le modèle des 5 forces de la concurrence de Michael Porter ou encore une analyse de scénarios. Il peut s'agir par exemple de l'irruption de nouveaux concurrents, de l'apparition d'une nouvelle technologie, de l'émergence d'une nouvelle réglementation, de l'ouverture de nouveaux marchés, etc.
2. un diagnostic interne, qui identifie les forces et les faiblesses du domaine d'activité stratégique. Celles-ci peuvent être déterminées à l'aide d'une série de modèles d'analyse stratégique, tels que la chaîne de valeur, l'étalonnage (benchmarking) ou l'analyse du tissu culturel. Il peut s'agir par exemple du portefeuille technologique, du niveau de notoriété, de la présence géographique, du réseau de partenaires, de la structure de gouvernement d'entreprise, etc.


On peut comparer avec profit :

* La perception des forces et faiblesses de l'entreprise par elle-même
* La perception des forces et faiblesses de l'entreprise par ses clients, concurrents, fournisseurs, et autres acteurs externes

Forces, faiblesses et limites de la méthode [modifier]

C'est la confrontation entre les résultats du diagnostic externe et ceux du diagnostic interne qui permet de formuler des options stratégiques. Cette formulation d'options stratégiques constitue l'intérêt de l'analyse SWOT.

La matrice SWOT n'apporte cependant une aide pertinente que dans la mesure où les questions initiales sont convenablement posées, que l'on puisse y répondre, et que l'on a bien analysé chaque domaine en termes de performance mais aussi d'importance. La justesse des résultats dépend de la justesse de l'analyse sur le court, moyen et long terme, et de la conscience que l'environnement interne ou externe peuvent rapidement changer, ce qui nécessite de régulièrement mettre à jour l'analyse.
Bibliographie [modifier]

koleksi museum














































Tata Ruang
a. Ruang Utama
1. Beberapa foto Mantan Pimpinan TNI – AU
a. Laksamana Udara suryadi Pimpinan TNI – AU (Kepala stafmTRI AU tahun1946 – 1962)
b. Laksamana Udara Omar Dani (Mentri Panglima Angkatan Udarta tahun 1962 – 1965)
c. Laksamana Muda Udara Sri Muljono Herlambang (Menteri Panglima Angkatan Udara 1965 – 1966)
d. Laksamana Muda Udara Roesmin Nurjadin ( Menteri Panglima angkatan udara tahun 1966 – 1969
e. Marsekal TNI Suwoto Sukendar (Kepala Staf TNI Angkatan Udara tahun 1969 – 1973
f. Marsekal TNI Saleh Baasarah (Kepala Staf TNI Angkatan Udara Tahun 1973 – 1976)
2. Lambang – Lambang
a. Swa Bhuwana adalah lambing TNI angkatan Udara, yang artinya sayap Tanah Air
b. Panji – Panji TNI AU diresmikan oleh presiden angkatan perang pada tanggal 5 Oktober tahun 1952 bersama dengan panji – panji angkatan Darat dan Panji – panji angkatan Laut
c. Pataka Komando Opearesi TNI AU (Koopsau)
Motto : Abhibuti Antarikhse
Artinya : keunggulan di udara adalah tujuan utama
d. Pataka Komando Panduan tempur Udara (Kopatdara)
Motto : Nitya Smakta Maarwati Sarwabaya
Artinya : senantias siga bertindak terhadap segala ancaman bahaya
e. Pataka komando pertahanan Udara (Kohadud)
Motto : Surakhsita Nabhastata
Artinya : Udara yang di pertahankan dengan baik

b. Ruang Kronologi I
Pada tanggal 23 Agustus 1945 di umumkan berdirinya Badan Keamanan rakyat (BKR). Tugas utama BKR udara adalah rakyat merebut dan menguasai pangkalan Udara setempat, beserta pesawat terbang dan fasilitas lainya dari tang jepang, sesuai dengan adanya maklumat pemerintah 5 Oktober 1945. BKR di tingkatkan menjadi TKR (tentara Keamanan Rakyat)
Kegiatan yang berhasil dan menunjukan eksistensi TKR Jawatan Penerbangan antara lain:
a. Pada bulan oktober 1945 Penerbangan pertama di am Indonesia merdeka, pesawat dan fasilitas lainya di rebut dan dikuasi oleh BKR Yogyakarta dari tangan jepang
b. Sekolah penerbangan pertama di Maguwo. Sekolah penerbangan pertama yaitu pada tanggal 15 November di resmikan dan diperingati sebagai hari jadi komando pendidikan TNI AU atau Kodikau
c. Latihan terjun payug. Penerbangan yang membawanya waktu Bapak Agustinus, Adisucipto, Iswahyudi dan makmur Suhodo

c. Ruang Kronologi II
Pendidikan kadet – kadet AURI di dalam dan luar negeri:
a. Sekolah Penerbangan lanjut di Andir dan Kalijati
Angkatan ke I SPI Primary Training dengan pesawat T-^ / AT-16 A
Angkatan ke III SPI adalah kelas terakhir yang di selenggarakan di Andir (Husen Sastranegara) karena tahun 1953 SPI di pindahkan ke pangkalan udara Kalijati yang menghasilkan empat (4) angkatan atas pertimbangan Historis SPI di pindahkan ke Lanud Adi Sutjipto tahun 1959
b. Pengiriman Kadet – kadet ke luar negeri
Selain pendidikan SPI di dalam negeri, maka pada tahun 1950 dikirim pula 60 Kadet untukl mengiokuti Pendidikan penerbangan pada Taiola Akademi Of Aeronautis di Oakland California dan menjelang akhir tahun 1951 pendidikan telah selesai dan para Kadet kembali ke Indonesia

d. Ruang Alutsista
1. Mitsubishi A6 MS Zero Sen
Negara asal ; Jepang
Jenis : Pemburu Taktis
Buatan tahun : 1983
Panjang Sayap : 11 M
Panjang badan : 9,06 m
Berat Maksimum : 2,744 Kg
Kecepatan Maksimum : 570 Km/jam
Akomodaasi : 1 awak Pesawat
Sejarah :
1941 : Pertama kali digunakan jepang dalam perang melawan amerika di cina
1942 – 1945 : Dalam perang pasifik melawan sekutu zero berpangkalan di daerah irian barat
1984 : Diabadikan di museum pusat TNI AU Dirgantara Mandala
2. P – 51 Mustang
Negara asal ; Amerika Selatan
Jenis : Pemburu Taktis
Panjang Sayap : 11,28 m
Panjang badan : 9,81 m
Berat Maksimum : 7000 Kg
Kecepatan Maksimum : 735 Km/jam
Akomodaasi : 1 awak Pesawat
Persenjataan : 6 buah browing kaliber 12,7 = 8 Buah roket Laucher, 2 buah bom
Sejarah :
1950 – 1965 : Operasai penumpasan DI TII Jawa Barat,Aceh, Sulawesi Selatanm
1958 : Operasi PRRI
1962 - 1963 : Operasi Trikora
1964 : Operasi Dwikora
1965 : Opersi G30S/PKI
1967 – 1969 : Oprasi Trisula
1978 : Diabadikan di museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

e. Ruang Paskhas
1. Sisa – sisa Operasi Trikora
a. Oleh : Penduduk setempat
b. Tanggal : 27 mei 1992
c. Tempat : Gunung Madogma Kecamatan pasir, kabupaten Fak – fak Irian Barat
2. Uniform Pasukan TNI – AU
3. Meriam PSU (Cannon)
Negara asal : Swedia
Merk Pabrik : Bafors
Kaliber . type : 40 m/1 60
Tahun pembuiatan : 1962
Berat : 1.586 Kg
Panjang laras : 2,5 m
Kecepatan tembak : 2,742 m
Kecepatan awak : 873 m / detik

f. Ruang Dioram
1. Serangan udara pertama dan penembakan VT – CIA
2. Peristiwa 19 Desember 1948
Pada tanggal 19 Desember 1984 terjadi pertempuran yang heroik di pangkalan udara Maguwo Angkatan Belanda Udara Mengarahkan:
- 9 buah pesawat tempur P – 40 Kitty Hawk
- 5 Buah Pesawat tempur P – 15 Mustang
- 17 Buah pesawat Ngkut C – 47 Dakota
3. Sekolah penerbanagan AURI Angkatan I 15 November 1945, 21 Juli 1947 peristiwa bersejarah di mulainya pendidikan penerbangan yang pertama kalinya sejak Indonesia merdeka di resmikan sebagai hari jadi komando pendidikan TNI AU (Kodkau) sehingga tanggal 15 November di peringati dan dirayakan setiap tahunya

lokasi museum


Museum ini terletak di ujung utara Kabupaten Bantul perbatasan dengan Kabupaten Sleman tepatnya di komplek Pangkalan Udara TNI-AU Adisucipto Yogyakarta.Kira-kira 7 km arah timur kota Yogya, buka setiap hari Minggu s/d Kamis pukul 08.00-13.00 WIB dan pukul 08.00-12.00 pada hari Jumat.
walau pun terletak agak tersembunyi di dalam kompleks tni au tetapi akses menuju tempat ini cukup mudah dan murah.
cukup dengan naik trans yogya dan kemudian turun di halte janti atau solo dengan harga tiket 3000 rupiah saja.lalu kemudian berjalan sekitar 200 meter maka kita akan segera tiba di museum tersebut.

sejarah berdiri


Museum Dirgantara Mandala sejarahnya berasal dari penggabungan dua museum yakni Museum Pusat AURI yang didirikan 1967 di Jakarta dan Museum Pendidikan atau Taruna yang sudah ada di komplek pendidikan AKABRI Bagian Udara Jogja. Pada 1977 keduanya kemudian digabungkan.
Museum dirgantara terlengkap satu-satunya di Indonesia ini menempati Area lima hektar dengan luas bangunan 7.600 m2. Gedungnya dibagi menjadi enam ruang. Yakni, RuangUtama, Ruang Kronologi I dan II, Ruang Alutsista, Ruang Paskhas, Ruang Diorama, dan Ruang Minat Dirgantara.
Berdasarkan berbagai pertimbangan bahwa kota Yogyakarta pada periode 1945-1949 mempunyai peranan penting dalam sejarah, yaitu tempat lahirnya TNI AU dan pusat kegiatan TNI AU, serta merupakan kawah Candradimuka bagi Kadet Penerbang/ Taruna Akademi Angkatan Udara. Berdasarkan Keputusan Kepala Staf TNI AU Nomor Kep/11/IV/1978, museum yang semula berkedudukan di Jakarta, kemudian dipindahkan ke Yogyakarta. Selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Staf TNI AU Nomor Skep/04/IV/1978 tanggal 17 April 1978, museum yang berlokasi di Kampus Akabri Bagian Udara itu ditetapkan oleh Marsekal TNI Ashadi Tjahyadi menjadi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, pada tanggal 29 Juli 1978 yang bertepatan dengan peringatan Hari Bhakti TNI AU. Perkembangan selanjutnya, museum itu tidak dapat menampung lagi koleksi alutsista yang ada karena lokasinya yang sukar dijangkau oleh umum dan kendaraan. Oleh karena itu, Pimpinan TNI AU memutuskan untuk memindahkannya ke gedung bekas pabrik gula di Wonocatur Lanud Adisucipto. Sebelum pemindahan dilakukan gedung itu direhabilitasi untuk dijadikan Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Pada tanggal 17 Desember 1982, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Ashadi Tjahjadi menandatangani prasasti sebagai bukti dimulainya rehabilitasi gedung itu.

Penggunaan dan pembangunan kembali gedung bekas pabrik gula itu diperkuat dengan Surat Perintah Kepala Staf TNI AU Nomor Sprin/05/IV/1984, tanggal 11 April 1984. Dalam rangka memperingati Hari Bhakti TNI AU, tanggal 29 Juli 1984, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Sukardi meresmikan gedung yang sudah direhabilitasi itu sebagai gedung Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala. Lokasi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala itu berada di Pangkalan Udara Adisucipto, di bawah Sub Dinas Sejarah, Dinas Perawatan Personel TNI AU, Jakarta.

Bangunan, Gedung Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ditempati sekarang adalah bekas pabrik gula Wonocatur pada zaman Belanda, sedangkan pada zaman Jepang digunakan untuk gudang senjata dan hanggar pesawat terbang.