Selasa, 27 Oktober 2009

manajemen museum

Manajemen museum terdiri dari beberapa unsur.Manajemen adalah salah satu penentu dari keberhasilan sebuah museum.Karena bisa di bilang sebuah manajemen adalah tonggak dari museum yang akan didirikan.
Di museum dirgantara mandala sendiri ada beberapa manajemen antara lain :

Manajemen operasional

museunm dirgantara mandala tni au beroperasi mulai dari hari minggu sampai dengan kamis pukul 08.00 hingga 13.00 sedangkan untuk hari jumat dan hari sabtu beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 12.00 untuk hari senin dan hari libur nasional sendiri museum ini tutup.

sejauh ini manajemen museum dirgantara mandala sudah berjalan baik.Petugas yang melayani pengunjung cukup ramah dalam melayani pengunjung.bahkan dalam hal ini mereka telah menyediakan guide untuk menuntun para pengunjung dalam menyusuri ruang-ruang koleksi yang terdapat dalam museum ini.

dalam upaya merawat koleksipun para pengurus museum tidak ketinggalan.Karena semua koleksi museum ini selalu dibersihkan setiap harinya oleh para penjaga museum.Dan re koleksi benda-benda sejarah yang berhubungan dengan museum dirgantara mandala pun sudah mulai dilakukan.




manajemen pemasaran

dalam melakukan publikasi tentang eksistensi museum sebenarnya sudah lumayan bagus tetapi publikasi masih terbatas dalam lingkungan kerja para militer.Karena publikasi yang gencar dilakukan adalah di sebuah majalah yang di terbitkan oleh tni au.

tetapi selain itu museum ini sudah mengikuti berbagai festival dan mengikuti pameran bersama BARASMUS.

Hal yang sangat menarik adalah museum ini sudah memiliki buku panduan tentang koleksi,denah tata ruang,dan berbagai informmasi umum lainnya yang membantu pengunjung dalam memahami museum ini.Walaupun setiap bukunya harus dihargai dengan harga 5000 rupiah tetapi ini sangat memanjakan pengunjung karena tidak perlu repot repot mengumpulkan informasi secara manual.Terutama ditujukan untuk para pelajar yang sedang study tour.sedangkan untuk brosur bisa diambil secara gratis.




manajemen sumber daya manusia

dalam hal manajemen sumber daya manusia museum ini memang agak kurang baik.terutama dengan sangat terbatasnya para pegawaiu museum untuk ukuran museum sebesar itu.para pegawai agaknya mengalami kesulitan ketika pengunjung museum memebludak.tetapi kalau untuk hari-hari normal museum ini dapat membagi tugas dengan cukup apik.Hanya saja kiranya perlu penambahan tenaga dalam pengoperasian museum ini.Dan juga ada pelatihan untuk para pegawai agar dapat mengembangkan museum lebih baik lagi ke depannya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar